Program ZFD Baznas Sulap Perkampungan Kumuh di Makassar

20 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Makassar melakukan pendayagunaan zakat melalui program Zakat Community Development (ZFD). Program tersebut menjadi motivasi masyarakat untuk sadar kebersihan lingkungan melalui bank sampah.

Upaya meningkatkan kesadaran akan kebersihan itu, masyarakat dapat mengumpulkan sampah yang berada disekitarnya untuk kemudian dijual.

Selain itu, pemberdayaan zakat oleh BAZNAS diberikan dalam bentuk barang berupa cat kepada warga untuk memberi kesan indah pada hunian mereka.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Anis Zakaria Kama mengatakan program ZFD ini prioritas dana itu untuk masyarakat kurang mampu, dan pinggir pantai.”Dengan harapan program ini bisa menciptakan kondisi lingkungan masyarakat yang bersih khususnya pada kawasan pasang surut,”kata Anis saat ditemui di Jalan Barukang Kelurahan Cambayya Kecamatan Ujung Tanah kota Makassar, Minggu (12/8/18).

Sementara Lurah Cambayya, Sember Pambahako mengungkapkan bahwa program yang diusung oleh BAZNAS ini sangat memberikan manfaat utamanya di bidang pemerintahan. Hal ini bisa menjadi daya dorong masyarakat untuk mencintai lingkungan.

“Tentu kami mendukung gerakan ini, program BAZNAS seperti bank sampah ini sangat bermanfaat. Masyarakat bisa mengerti bahwa sampah ini bisa mendatangkan uang,”terangnya.

Program ZFD ini adalah pertama kali dilakukan BAZNAS makassar, dengan bantuan berupa cat tembok sebanyak 150 kaleng untuk rumah warga yang kumuh. (sul/fajar)