Respons Provokasi AS, Cina Unjuk Armada Perang di Laut Cina Selatan

16 views

FAJAR.CO.ID — Citra satelit menunjukkan kekuatan angkatan laut Cina di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Analis mengatakan itu adalah tampilan luar biasa besar dari kekuatan angkatan laut militer Cina yang terus meningkat.

Citra satelit menunjukkan setidaknya 40 kapal dan kapal selam mengapit kapal induk, ‘Liaoning’. Selain itu, ada juga pesawat di atas yang mengawal armada laut itu. Lusinan kapal angkatan laut dan kapal induk itu sendiri terlihat memasuki jalur perdagangan penting di lepas pantai pulau Hainan sebagai bagian dari apa yang digambarkan angkatan laut Cina sebagai latihan tempur yang merupakan bagian dari latihan rutin tahunan.

Gambar-gambar itu, diberikan kepada kantor pers Reuters oleh perusahaan pencitraan Bumi Planet Labs Inc. Kelompok kapal induk itu melintasi Selat Taiwan pekan lalu, menurut kementerian pertahanan Taiwan. Tujuan armada itu tidak jelas dan lamanya operasinya tidak diketahui.

Jeffrey Lewis, seorang ahli keamanan di Institut Studi Strategis Middlebury yang berbasis di California, mengatakan kepada Reuters bahwa gambar menunjukkan konfirmasi pertama bahwa operator itu bergabung dengan latihan. “Ini gambar yang luar biasa. Itu adalah berita besar bagi saya,” katanya.

Latihan itu dilakukan di tengah tanda-tanda ketegangan baru di perairan kaya sumber daya, dengan Vietnam baru-baru ini menghentikan eksplorasi minyak di lepas pantai oleh perusahaan Spanyol Repsol menyusul tekanan dari Beijing.

Cina juga keberatan dengan apa yang disebut kebebasan navigasi patroli oleh Angkatan Laut AS minggu lalu. Beijing mengutuk Amerika atas apa yang disebut “provokasi politik dan militer yang serius” setelah USS Mustin berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Mischief Reef. (The Independent/amr/fajar)