Rumah DP Nol Rupiah di Pondok Kelapa Diluncurkan Besok, Langsung oleh Anies

Opini Bangsa – Rumah susun sederhana milik (rusunami) yang masuk dalam program rumah DP nol rupiah Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, disebut akan diluncurkan besok, Jumat (12/10).
“Jadi [diluncurkan], besok jam 14.00an,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti, saat dikonfirmasi, Kamis (11/10).
Menurut dia, peluncuran rusunami dengan DP nol rupiah tersebut akan dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Kendati demikian, Meli tak menjelaskan soal kemungkinan peluncuran itu sekaligus penjualan unit rusunami kepada masyarakat. Ia juga masih enggan menjelaskan soal skema pembiayaan rumah DP nol tersebut.
“Lihat aja besok, besok aja saya jelasin. Nunggu launching dulu ya,” ujarnya.
Di sisi lain, Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengungkapkan rusunami dengan DP nol rupiah masih dalam tahap pembangunan. Saat ini, progres pembangunannya baru sampai 4 lantai dari 21 lantai yang direncanakan.
“780 unit lagi dibangun, kan sudah lantai 4 sekarang,” ucap Yoory di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/10).
Rusunami Klapa Village tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar dan direncanakan akan selesai pembangunannya hingga 21 lantai pada Juli 2019.
Sebelumnya, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) DKI Jakarta pernah menyatakan bahwa rusunami Klapa Village bisa dipesan sejak 16 April lalu.
Kepala Disperkim DKI kala itu Agustino Darmawan mengatakan pemesanan rusunami bisa dilakukan setelah pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk mengelola rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah telah dibentuk.
“Sebelum tanggal 16 April harus sudah selesai. Saya kan, janjinya April dari tanggal 1 sampai 30, supaya adil tanggal berapa? Tanggal 16,” kata Agustino kala itu.
Namun nyatanya pembentukan UPT tersebut baru bisa terealisasi pada bulan Juni yang ditandai dengan dilantiknya Dzikran Kurniawan sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta oleh Anies. [opini-bangsa.com / cnn]