Saat Terjaring Razia Pendatang Liar Cuma Pasrah

5 views

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  –  Puluhan warga beridentitas luar daerah terjaring dalam razia yustisi yang digelar secara gabungan oleh Kecamatan Balikpapan Utara, kelurahan se-Balikpapan Utara, Satpol PP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas selama dua hari sejak Senin (26/3) malam dan Selasa (27/3) siang.

Razia kali ini menyisir indekos dan bedeng-bedeng para pekerja bangunan yang berlokasi di wilayah Balikpapan Utara. Razia ini sendiri bertujuan untuk mendata jumlah pendatang asal luar daerah yang tidak melaporkan dirinya kepada aparat setempat.

“Razia gabungan ini kita lakukan hampir ke seluruh kelurahan di wilayah Balikpapan Utara, memang sasarannya indekos dan rumah-rumah bedeng para pekerja bangunan,” terang Kasi Operasi Satpol PP, Siswanto yang ikut dalam razia yustisi tersebut.

Dari hasil razia selama dua hari didapati sebanyak 57 identitas berupa KTP dari sejumlah indekos dan bedeng-bedeng para pekerja bangunan. Mereka yang terjaring akan diikutkan dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) di kantor Satpol PP, Kamis 26 April mendatang.

“Mereka kita sidangkan di sidang tipiring, agar mereka ini sadar untuk melaporkan diri ketika berdiam dengan waktu yang lama bahkan mencari pekerjaan di Balikpapan,” ujarnya.

Menurut Sis, razia seperti ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah Balikpapan, agar kondusivitas kota Balikpapan selalu aman dan kondusif terlebih menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang. Dia berharap masyarakat khususnya para Ketua RT di lingkungan dapat memantau warganya serta mendata para pendatang yang tinggal berdiam di rumah kos dan bedeng-bedeng di wilayahnya.

“Mari sama-sama kita menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayah masing-masing, untuk pak RT selalu mendata warga pendatang yang berada di lingkungannya agar terdata,” tandasnya.(pri/cal)