Sah.. Ketua MA Lantik Muzani, Cak Imin dan Utut Sebagai Pimpinan MPR

3 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali secara resmi melantik tiga pimpinan baru Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) masa jabatan 2014-2019 di Gedung Rapat Paripurna MPR, DPR RI, Senin (26/3).

Dalam pelatikan ini, sejumlah Menteri Kabinet Jokowi hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno turut hadir menyaksikan pelantikan tiga pimpinan MPR. Tiga pimpinan yang dilantik yakni, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Muhaimin Iskandar Fraksi PKB dan Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan.

Usai dilantik, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta agar tiga pimpinan yang baru dilantik itu bisa membantu meningkatkan fungsi MPR. Pasalnya, berbagai hasil survei dan hasil riset, kepercayaan publik kepada lembaga legislatif makin berkurang.

“Tiga pimpinan MPR yang baru dilantik ini diharapkan bisa meningkatkan fungsional MPR. Berbagai survei dan riset mengatakan hal yang sama, yakni tingkat kepercayaan publik sangat rendah buat lembaga legislatif,” kata Zulkifli Hasan dalam sambutannya.

Dikatakn Zulhas, masalah yang sedang dihadapi oleh legislatif tak bisa dipandang sebelah mata oleh pimpinan MPR dan anggota MPR. “Ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Jauh lebih baik jika memfokuskan ke hal konkrit dan mengembalikan kepercayaan publik,” harapnya.

Selain itu, lelaki yang biasa disapa Zulhasan juga menyoroti masalah yang terjadi saat ini antar anak bangsa, baik dalam kehiduoan sosial, ekonomi hingga politik. Untuk itu, Zulhasan menyarankan agar semua pimpinan DPR bisa menjalankan tugas dan merawat kebihnekaan. (Aiy/Fajar)