Sarankan Jokowi Tidak Maju Lagi, Rizal Ramli: Kasihan Rakyat

27 views
Sarankan Jokowi Tidak Maju Lagi, Rizal Ramli: Kasihan Rakyat

Sarankan Jokowi Tidak Maju Lagi, Rizal Ramli: Kasihan Rakyat

Beritacyber.com – Bekas Menko Maritim Rizal Ramli minta Presiden Joko Widodo melakukan mawas diri mendalam mengenai kemampuannya mengubah nasib rakyat. Seandainya memang merasa tidak cakap, Jokowi sebaiknya jangan mengejar periode kedua.

 

“Selain cakap ada kejelasan programnya, strateginya apa yang mau dilaksanakan kedepan. Tetapi jika nggak aku kaprah cukup, kasihan rakyat,” ujarnya dalam diskusi dan dialog kebangsaan yang diselenggarakan Pimpinan Besar Pemuda Muslim Indonesia di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/4).

 

Rizal mengatakan, di setiap peluang diskusi dan dialog dengan masyarakat di beragam tempat di Indonesia, dirinya selalu menanyakan mengenai kehidupan mereka. Sebagian besar menjawab dengan yakin bahwa hidup mereka akan konsisten sulit jika pemerintah tidak berubah.

 

Rizal tidak heran mendengar pandangan masyarakat hal yang demikian. Ia malahan meyakini situasi ekonomi tidak akan berubah selama pemerintah konsisten melakukan kebijakan yang konservatif.

 

“Ekonomi kita dua tahun terakhir mandek di lima persen, dan akan berlanjut kemandekan ini hingga 2019 karena kebijakan makro ekonominya betul-betul konservatif,” jelas ekonom senior yang tidak hingga setahun di kabinet Jokowi ini.

 

Rizal mengatakan, pertumbuhan ekonomi tidak akan bisa digenjot hingga dua digit jika yang diambil konsisten kebijakan super konservatif dengan mengaplikasikan pakem ekonomi neoliberal ala Bank Dunia. Rizal malahan menginginkan kebijakan ekonomi konservatif ini diubah.

 

Seperti biasa, Rizal malahan menyoroti utang luar negeri yang sekarang telah mencapai angka Rp 840 triliun. Menurut ia, kebijakan perekonomian sekarang sekedar mengamankan pembayaran pokok dan bunga utang.

 

“Dan itu sama dengan dua kali dari anggaran infrastruktur, sehingga tidak aneh ekonomi mandek di 5 persen,” kata eks Menko Ekuin era pemerintahan Gus Dur dan eks Menko Maritim era Jokowi itu seperti dikutip daro RMOL Jabar. (dem/rmol)