Sembilan Produk Ikan Kaleng Mengandung Parasit Cacing Masih Beredar di Wajo

FAJAR.CO.ID, WAJO — Adanya temuan Badan POM RI produk ikan kaleng terdaftar mengandung parasit cacing membuat  Dinas Perdagangan (Disdag) Wajo.  Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan disejumlah pusat perbelanjaan di Kota Sengkang Kecamatan Tempe.

Alhasil, Disdag menemukan 9 dari 27 merek produk ikan kaleng yang terdaftar mengandung parasit cacing oleh Badan POM RI.  Dari sembilan produk delapan diantaranya produk lokal dan satu produk impor dari luar.

Delapan merek produk lokal, seperti ABC, Ayam Brand, Botan, Fiesta Seafood, Gaga, Hoki, Maya, dan Pronas, serta satu merek produk impor yakni, King’s Fisher

Kepala Bidang Perdagangan Disdag Wajo Muhammad Tahir Tajang menegaskan, sembilan merek produk yang ditemukan pada Sidak tersebut, telah dihimbau untuk tidak diperjualbelikan.

“Karena sembilan merek produk ikan kaleng itu, masuk dalam daftar temuan Badan POM RI. Makanya kita minta pedagang dan pemilik toko agar sembilan merek ini digudangkan,” tegasnya.

Kedepannya, lanjut dia, Sidak ikan kaleng tersebut, akan terus berlanjut disemua kecamatan di Bumi Lamadukkelleng julukan Kabupaten Wajo.

“Untuk hari ini kita fokus di Kecamatan Tempe. Namun pastinya semua kecamatan kita sasar,” imbuhnya.(man)