Sesi Pertama GP Brasil: Verstappen Asapi Vettel dan Hamilton

7 views

FAJAR.CO.ID – Di Brasil, Max Verstappen mengawali rangkaian seri ke-20 F1 musim ini dengan menjadi pebalap tercepat di sesi latihan bebas perdana. Namun, ia tidak mendapatkannya dengan mudah.

Jumat (9/11) malam WIB, Verstappen menorehkan catatan waktu tercepat, 1:09,011 detik, di Sirkuit Autódromo José Carlos Pace —dulu Interlagos— setelah melahap cukup 16 putaran.

Vettel mengungguli Sebastian Vettel (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes) yang berada di posisi kedua dan ketiga. Catatan waktu Vettel tertinggal 0,049 detik di belakang Verstappen, sedangkan Hamilton tertinggal 0,096 detik.

Di bawah suhu 23 derajat celsius yang sedikit berawan, Verstappen bersaing ketat dengan Hamilton. Dengan 1:09,107 detik, Hamilton sempat menjadi pebalap tercepat, sebelum Verstappen mengunggulinya. Semua berlangsung dalam satu jam pertama dari sesi ini.

Hamilton, pada akhirnya, harus puas turun ke posisi ketiga setelah Vettel juga melampaui catatan waktunya. Pebalap asal Jerman itu menorehkan catatan waktu 1:09,060 detik untuk naik ke posisi kedua.

Rekan setim Verstappen di Red Bull, Daniel Ricciardo, menempati posisi keempat. Pebalap asal Australia ini membuat catatan waktu 1:09,395 detik, tertinggal 0,384 detik di belakang Verstappen.

Kendati begitu, Ricciardo sudah dipastikan mundur lima grid dari posisi start yang ia dapatkan di sesi kualifikasi. Ia mendapatkan penalti setelah mengganti turbocharger pada mobilnya.

Melengkapi pos lima besar adalah rekan Vettel di Ferrari, Kimi Raikkone. The Iceman, yang dalam dua balapan terakhir naik podium —termasuk kemenangan di Amerika Serikat—, membuat catatan waktu 1:09,573 detik. (kum)