Siap Dukung Capres Lain, PKS Sebut Prabowo Negarawan

12 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai sebagai seorang negarawan. Terkait pernyataan dia siap mendukung calon presiden lain kalau rakyat berkehendak lain.

“Bahasa negarawan. Kami pahami itu bagus sekali,” ucap Ketua Majelis Syuro DPP PKS, Ustadz Salim Segaf Aljufri.

Dia menanggapi sikap Prabowo setelah mengikuti pembukaan acara Ijtima Ulama di Hotel Peninsula, Jakarta, Jumat (27/7) malam.

Ustadz Salim tidak membantah, sewaktu pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) nama-nama muncul sekarang berbeda. Termasuk juga calon lain selain dari kader PKS.

“Saya kira masih bisa berubah semua. Tapi apapun hasil nanti pasti menjadi keputusan bersama koalisi,” ucap dia.

Sedangkan, untuk keputusan dari PKS, lanjut Ustadz Salim diumumkan kembali melalui majelis Syuro.

“Kami sudah mengajukan 9 nama kader PKS untuk capres-cawapres. Tapi kalau berubah tentu, kami bakal berbicara lagi di Majelis Syuro.”

“Tapi sampai detik ini, PKS tetap terus mengusahakan ada kader PKS bisa diterima di koalisi,” papar dia menambahkan.

Senada juga dijelaskan oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 KH Slamet Maarif. Menurutnya, pernyataan Prabowo itu menunjukan sikap rendah hati.

“Bentuk kerendahan hati beliau dan tidak memikirkan kepentingan pribadi tapi mengutamakan kepentingan umat dan bangsa. Saya memberikan apresiasi untuk Prabowo,” kata Ustadz Salim.

Sewaktu memberikan sambutan pembukaan acara Ijtima ulama, dia mengaku siap mendukung sosok lain kalau rakyat tidak memberikan dukungan.

“Saya siap jadi alat perubahan. Saya siap menjadi alat umat dan negara. Tapi kalau rakyat tidak menginginkan, saya siap mendukung.”

“Terpenting negeri ini bisa berdiri di atas kaki sendiri dan terbebas dari kehancuran,” ucap Prabowo langsung disambut tepuk tangan undangan. (dil/IDP)