Silakan Mudik Natal Lewat Tol Baru, Gratis!

10 views

FAJAR.CO.ID, TEGAL – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, ruas tol bagian Tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 kilometer (km) ditargetkan sudah beroperasi seluruhnya pada akhir tahun ini. Rencananya, tol akan dioperasikan sebelum Natal 2018 dan sementara masih gratis.

Basuki menyampaikan hal itu di Gerbang Tol Tegal, Kalimati Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Jumat (9/11). Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah meresmikan tol Pejagan – Pemalang sepanjang 42 kilometer.

“Dengan diresmikannya tol Pejagan-Pemalang sepanjang 42 kilometer, dari 870 kilometer, yang sudah akan beroperasi 640 kilometer. Sisanya 230 kilometer akan mulai dioperasikan November dan Desember ini. Semua, minggu kedua Desember harus sudah beroperasi,” kata Basuki.

Mantan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum itu juga menyampaikan rencana pemerintah untuk menggratiskan ruas tol baru selama November hingga Desember. Menurutnya, tarif baru akan diberlakukan pada Januari 2019.

“Jadi nanti saya berharap mudik Natal, bapak, ibu, keluarga semua yang natalan bisa memakai tol ini. Saya akan upayakan, walaupun sudah diresmikan Desember itu masih free, baru tarifnya Januari dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Adapun ruas tol baru yang akan segera dioperasionalisasikan adalah Pemalang-Batang sepanjang 33 kilometer, Batang – Semarang (75 kilometer), Salatiga-Solo (33 kilometer), Sragen-Ngawi (51 kilometer), serta Wilangan-Kertosono (39 kilometer). (far/zul/jpg/jpnn)