Sudah 24 Tahun Jual Songkolo, Kerap Dikunjungi Artis

27 views

Di sebuah lorong di Jalan Antang Raya, Makassar, ada satu rumah yang dijadikan warung. Namanya Songkolo Begadang Alhamdulillah.

===========================
NUGROHO NAFIKA KASSA, Makassar
===========================

LETAK warung itu tepat berada di belakangan Masjid Nurul Iman Pannara. Tempatnya cukup sederhana, Ada lima meja makan yang diperuntukkan bagi para pelanggan untuk menikmati songkolo. Di sampingnya ada tempat guna meraciknya.

Hj Haniah adalah nama pemilik warung songkolo ini. Beritakota Makassar menemuinya di sela-sela ia berjualan.

Meski tak begitu luas, warung milik Hj Haniah selalu ramai dikunjungi pembeli. Bukan hanya dari masyarakat sekitar atau warga Makassar secara umum yang kerap datang menikmati songkolo di tempat ini. Melainkan beberapa artis ternama pernah bertandang ke warung ini.

Lalu, apa yang berbeda dan ditawarkan oleh Hj Haniah di tempat usahanya? Karena jika berbicara tentang songkolo, ada banyak usaha yang sama di Makassar.

Selain karena cita rasanya yang khas, salah satu keunikannya unik adalah penerapan harga songkolo yang ditawarkan kepada pembeli. Takarannya menggunakan sistem ons. Satu ons dijual dengan harga Rp6.000. Songkolo dengan berat inilah yang dibungkus dalam satu kemasan. Atau disajikan dalam satu piring untuk dinikmati langsung di warung.

Dalam setiap penyajiannya, songkolo sudah dilengkapi dengan dengan serundeng, ikan teri, dan sambal. Sebuah paket yang teramat pas untuk kalangan menangah ke bawah.

“Harganya Rp 6 ribu tiap ons. Kita timbang songkolonya, ya supaya rata saja untuk semua orang,” kata wanita asli Makassar ini.

Sebenarnya, Hj Haniah mengawali usaha ini bersama suami tercintanya. Namun, pria yang telah memberi Hj Haniah tiga orang anak itu telah berpulang untuk selamanya. Ketiga anaknya semuanya kini telah berkeluarga. Sama seperti dirinya, anak keduanya sekarang juga mengikuti jejaknya membuka usaha berjualan songkolo.

“Dari dulu saya memang suka songkolo. Makanya, sejak dulu sudah ada niatan untuk bikin usaha songkolo. Alhamdulillah, sampai sekarang rezeki dari jual songkolo begitu bagus,” tuturnya.

Hj Haniah telah menekuni usahanya ini sejak sekitar 24 tahun yang lalu. “Sudah enam kali Piala Dunia,” serunya sembari sedikit tertawa.

Wajar jika Hj Haniah mengaitkan usahanya dengan Piala Dunia. Sebab, ia memang kerap menggelar nonton bareng Piala Dunia bersama warga di sekitar warungnya tersebut. Televisi yang sengaja digantung di dinding warungnya menjadi saksi dari pengakuan Hj Haniah.

BKM juga diberi kesempatan untuk mencicipi langsung songkolo buatan Hj Haniah. Rasanya memang begitu lezat. Beras ketannya amat terasa dan begitu lembut. Apalagi ditambah dengan ikan teri yang dimasak secara garing. Pantas saja banyak pengunjung yang ketagihan setelah mencicipi songkolo di tempat ini. (*/rus/b/beritakota makassar)