Sukses Hafizah Sumedang Perkuat Wisata Religi Indonesia

7 views

JAKARTA – Indonesia dikenal sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Tak heran jika wisata religi turut menjadi andalan untuk mendatangkan wisatawan muslim.

Posisi Indonesia sebagai negara yang ramah untuk wisatawan muslim, diperkuat dengan keberhasilan Rifdah Farnidah. Seorang hafidzah asal Sumedang Jawa Barat, yang meraih posisi 2 pada Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Internasional. Tepatnya di Yordania, 19-24 Maret 2018.

Pada acara tahunan tersebut, gadis berdarah Sunda itu harus bersaing dengan 29 peserta dari seluruh dunia. Keberhasilan ini menambah banyak koleksi gelar juara Rifdah. Sebelumnya, ia berhasil tiga kali menjadi juara 1 di MHQ Nasional dan satu kali sebagai juara 2 di MHQ Internasional.

Dubes Indonesia untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, mengaku bangga kepada Rifdah.

“Saya berharap jejak ini dapat diikuti oleh kaum muda lainnya di tanah air. Agar mereka dapat berperan sebagai agen diplomasi Indonesia dan pengharum nama bangsa,” kata Andy saat bertemu dengan Menteri Waqaf dan Agama Islam Yordania, Abdul Nasser Abu Basal, dan Mufti Besar Yordania, Syeikh Mohammad Khalaileh.

Abu Basal sendiri menggaris bawahi keutamaan generasi muda muslim untuk senantiasa menjaga, merawat dan mengamalkan Alquran. Salah satunya melalui pembinaan menjadi hafiz. Di Yordania, kegiatan religi seperti itu didukung penuh oleh pihak kerajaan, di bawah naungan Ratu Rania.

Rasa bangga juga disampaikan Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan. Menurut Wawan, kesuksesan Rifdah turut mengharumkan nama bangsa. Pencapai tersebut sekaligus dapat mendongkrak spirit wisata religi di Indonesia.

“Sangat bersyukur pada Allah, karena telah mengutus seorang Rifdah Farnidah yang telah menggetarkan hati dunia dengan suara merdu lantunan ayat-ayat suci Allah. Dunia terpesona, putri Islami Indonesia telah menorehkan prestasi. Ini bisa menjadi spirit untuk mendongkrak wisatawan mancanegara berwisata religi ke Indonesia,” ujar Wawan Gunawan.

Ucapan Wawan tidaklah berlebihan. Indonesia kaya dengan potensi wisata religi. Atau, lebih dikenal dengan pariwisata halal. Disamping itu tren kunjungan wisatawan muslim mengalami peningkatan setiap tahun.

“Potensi pariwisata halal sangat besar di Indonesia. Ini harus bisa dimaksimalkan sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia,” kata Wawan Gunawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sangat bangga akan torehan Rifdah di kancah internasional. Kemenangan ini semakin menegaskan kekayaan religi Indonesia.

“Selamat atas kemenangan Rifdah Farnidah hafidzoh yang meraih posisi 2 pada Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Internasional di Yordania. Kemenangan ini penting untuk meningkatkan 3C bangsa Indonesia, yaitu Calibration, Confidence dan Credibility. Sehingga nama Indonesia semakin dikenal, harapannya hal ini juga meningkatkan kunjungan wisatawan Muslim mancanegara ke Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya. (*)