Tak Hanya Beri Bantuan Modal, NH Siapkan Tim Pendampingan Pelaku UMKM

13 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid menyambut kehadiran ratusan pegiat koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kediamannya, Jalan Mappala, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar, Jumat (30/3) sore.

Sejumlah pelaku usaha kemudian menyalurkan aspirasinya kepada pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar ini. Di antaranya, pelaku usaha kerajinan anyaman dari eceng gondok, Hafsah. Ia mengapresiasi adanya program NH-Aziz dalam memfasilitasi bantuan modal usaha tanpa bunga dan agunan.

“Tetapi yang biasa terjadi ialah setelah diberikan bantuan modal usaha, langsung putus komunikasi. Jadi tidak ada tindak lanjut, uangnya habis, usahanya juga begitu-begitu saja,” terangnya.

Warga Kecamatan Biringkanaya ini kemudian berpesan agar disediakan pula pelatihan dan pembinaan dari pemerintah. Hal tersebut demi mengawasi aliran pinjaman modal dapat dimanfaatkan secara efektif.

Mengenai hal tersebut, NH mengaku akan menyiapkan pula tim khusus untuk mendampingi pelaku usaha yang diberikan bantuan modal usaha. Kata dia, tim tersebut akan bertanggung jawab dalam pemberdayaan pelaku usaha, sejak produksi hingga distribusi produk.

“Yang akan kita lakukan, selain diberi pinjaman, akan diturunkan tim dari gubernur untuk percepatan pelaksanaan program. Kita siapkan pelatihan terkait yang dibutuhkan dan penting untuk diketahui pemilik usaha, misalnya pembuatan produknya yang dapat menguntungkan secara maksimal,” jelasnya.

Selain itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia ini juga akan memberdayakan pelaku UMKM dengan penyediaan sentra UMKM. “Tidak seperti sekarang, nanti ada pameran baru dikumpulkan semua. Tapi, kita akan buatkan pusat pemasaran UMKM di Sulsel ini,” tandasnya. (*)