Tak Ingin Bernasib Seperti Abu Tour, Amphuri Gandeng Perbankan Jamin Dana Jamaah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus Abu Tours menjadi pelajaran bagi penyelanggara umroh untuk berhati-hati dalam mengambil langkah. Pasalnya setelah kasus tersebut membuat calon jamaah lebih selektif dalam memilih kelayakan travel.

Seperti halnya yang dilakukan Asosiasi Muslim Penyelenggra Haji dan Umroh (Amphuri), dalam mengakomodir sejumlah travel umroh.

Hal terdebut diungkapkan Ketua DPD Amphuri Sulampua, Azhar Gazali, pada konferensi pers di kantor Amphuri, Jalan Ratulangi Makassar, Selasa (27/3/18).

Upaya menjami keamanan dana jamaah, Amphuri memberikan produk bergaransi dengan bekerjasama dengan sejumlah perbankan. Apabila terjadi hal diluar dugaan, maka perbankanlah yang menanggun semua itu.

“Kalau misalnya kami tidak bisa mejamin keberangkatannya ada pihak perbankan yang menjamin keberangkatannya,” ujar Azhari.

Menurutnya, permasalahan yang terjadi di tubuh Abu Tour karena biaya yang tidak rasional, miss manajeemen, pengelolaan yang tidak bagus. Terlebih dana jamaah umrah Abu Tour ini dipakai untuk bisnis.

“Harga yang ditawarkan Abu Tour itu tidak cukup, belum lagi kita harus bayar hotel dan lainnya, kurang lebih 20 juta lah. Setelah kejadian ini seharusnya kita berbasis pada pelayanan, kita harus melayani jamaah dengan baik dalam beribadah. Jangan sampai menjual umroh dengan harga yang murah tapi sampai dsana mereka menderita,” tutupnya. (sul/fajar)