Terjun Langsung Off Line dan On Line, GenPI Bikin Heboh Asian Games 2018

6 views

JAKARTA – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) siap memeriahkan perhelatan akbar Asian Games 2018. Sejumlah games keren disiapkan. Ada hadiahnya juga. Games ini bukan hanya untuk anak-anak GenPI. Peserta umum pun bisa terlibat.

Menurut Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata, Don Kardono, Asian Games 2018 ini sangat istimewa. Karena, akan melibatkan 4 provinsi sekaligus. Yaitu Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan.

“Asian Games ini istimewa. Karena dilaksanakan di beberapa daerah. Meski venue utama ada di Jakarta dan Sumatera Selatan. Waktu pelaksanaannya juga istimewa, yaitu tanggal 18 bulan 8 tahun 2018. Dan ini pelaksanaan Asian Games ke-18. Dan dilaksanakan selama 18 hari. Gaungnya harus terasa ke mana-mana dan di mana-mana dari sekarang juga,” paparnya, Kamis (17/5).

Menurutnya, Asian Games ini harus disambut dengan kegembiraan dan kehebohan. Karena, event ini akan meghadirkan 170.000 wisatawan. Para wisatawan ini kemungkinan besar juga mendatangi destinasi wisata di empat provinsi yang menggelar Asian Games.

“Setelah kegembiraan di Parade Asian Games pekan lalu, kita sudah menyiapkan beberapa event. Goalnya adalah memeriahkan dan menyambut Asian Games 2018. Ada dua event penting, yaitu Fans Games dan Yel-Yel Games. Mengapa? Karena kita adalah supporter yang tidak hanya bermain di offline, tetapi lebih banyak di online. Maka kita ingin suasana di online benar-benar heboh. Ini adalah momen untuk mempromosikan Asian Games sekaligus destinasi wisata. Sayang kalau tidak dimanfaatkan,” terangnya.

Diterangkannya, Fans Games lebih banyak aktivitas online. Tujuannya adalah mengeksplorasi atlet-atlet yang akan tampil di Asian Games. “Kita ingin membuat mereka, para atlet yang akan berjuang itu bangga. Untuk itu kita membuatkan panggung untuk mereka. Dan kita harus support agar penampilan mereka optimal,” katanya.

Dijelaskan, di Fans Games atlet yang cantik dan ganteng akan dikumpulkan. Selanjutnya mereka akan di-vote. Para fans akan memilih siapa atlet yang paling kece, paling keren, dan disukai.

“Atlet-atlet ini akan kita eksplor. Biar kita lebih tahu, lebih kenal, dan lebih dekat. Biar masyarakat juga tahu kalau atlet-atlet kita keren-keren,” katanya.

Fans Games digelar Mei-Juni. Akan diambil 100 atlet yang keren, cantik, ganteng. Kemudian mereka akan diprofilkan. Dibuatkan story telling. Dan diinsertkan foto dalam segala suasana. Untuk kemudian diviralkan. Dari 100 atlet itu, akan diseleksi 20 yang terbaik. Baru vote mencari yang terbaik.

Hadiahnya sangat luar biasa. Juaranya mendapatkan Rp 15 juta ditambah liburan ke Labuan Bajo. Juara 2  mendapat Rp 10 juta + jalan-jalan ke Lombok. Sedangkan juara 3 mendapat Rp 5 juta dan tri ke Danau Toba. Tersedia juga hadiah untuk 7 orang yang masing-masing mendapat Rp 2,5 juta dan jalan jalan ke Kepulauan Seribu.

Untuk Games Yel-Yel, menurut Don Kardono, khusus untuk anak-anak GenPI. “Kita berharap satu GenPI bisa bikin 3 sampai 5 yel-yel dengan 5 koreografi dan 5 jenis musik di 5 destinasi wisata, itu bisa sekalian mempromosikan destinasi wisata di daerah kalian,” terangnya.

Namun, anak-anak GenPI harus mempersiapkan videonya. Karena yang akan dilihat adalah videonya. Video 60 detik terbaik akan terpilih menjadi juara.

“Sekarang ada 23 GenPI dari seluruh Indonesia. Artinya, kalau masing-masing bikin 5 seri video, akan ada 115 seri yang akan diviralkan, dan menjadi materi luar biasa untuk promosi Asian Games. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) yang sudah gabung GenPI juga boleh ikut games ini,” katanya.

Total hadiah untuk Yel Yel ini adalah Rp 50 juta. Juaranya dibagi ke dalam 5 kategori. Perinciannya, juara Koreografi mendapatkan Rp 10 juta, juara Busana Rp 10 juta, juara Musik/alat musik Rp 10 juta, pemenang Spirit mendapat Rp 10 juta, dan Video terbaik yang viral dapat Rp 10 juta. “Kehebohan ini kita harapkan memuncak pada bulan Agustus, atau saat pelaksanaan Asian Games 2018,” kata Don Kardono.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik gebrakan yang dilakukan GenPI. Apalagi Asian Games adalah hajat besar Bangsa Indonesia.

“Perhelatan Asian Games ini harus mendapatkan dukungan semua pihak. Karena, ini menjadi hajatan besar Bangsa Indonesia. Apa yang dilakukan GenPI untuk mendukung Asian Games, harus mendapatkan dukungan. Karena dengan dukungan semua pihak, Asian Games bisa berjalan dengan sukses,” kata Menteri Arief.(*)