Teror Buaya, Petugas Minta Warga Waspada

23 views

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Seekor buaya berukuran satu meter berhasil diamankan petugas Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan), Senin (26/3). Sebelumnya, buaya ini ditemukan sudah terjerat di wilayah RT 25 Kelurahan Loktuan atau lebih tepatnya di belakang Hotel Bintang Sintuk.

Mohammad Yani, Kepala Disdamkartan mengatakan, mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung menuju ke lokasi tampat buaya tersebut ditemukan. Sesampainya di lokasi, kemudian buaya tersebut langsung dievakuasi ke Kantor Disdamkartan Bontang, Bontang Kuala. Siang harinya, buaya tersebut kemudian diserahkan ke Balai Taman Nasional Kutai (TNK) untuk selanjutnya dilepasliarkan di lokasi habitat semulanya yang jauh dari permukiman warga dan ketersediaan makanannya tercukupi.

“Kami hanya membantu evakuasi saja buaya yang ditemukan oleh warga. Selanjutnya kami bawa ke TNK untuk ditangani lebih lanjut. Intinya kami memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.” terangnya.

Mohammad Yani pun mengimbau dan mengingatkan kepada warga, agar turut waspada terhadap serangan ular maupun buaya. Apalagi saat ini Bontang dalam kondisi dikepung banjir. Kondisi ini kata dia, tentu sangat berpotensi membuat berbagai jenis hewan ikut keluar ke pemukiman warga. “Semoga saja tidak sampai terjadi,” harapnya. (bbg)