Top! Gudang Miras Ilegal Berhasil Dibongkar Polisi

13 views

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Satu peleton Sabhara bersama anggota Satresnarkoba Polresta Samarinda menggeruduk satu toko di Jalan Juanda, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, dini hari kemarin (25/3). Operasi itu dilakukan setelah polisi mendapat laporan dari masyarakat.

Petugas menggeledah sebuah bangunan yang letaknya bersebelahan dengan toko pemilik miras tersebut. Media ini mencoba mencari tahu siapa pemilik miras tersebut.

Penjualnya adalah Erni (36), ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku belum lama menjual ratusan botol dan kaleng minuman keras itu. “Baru-baru saja, sekitar sebulan,” sebutnya dengan nada pelan.

Disinggung mengenai melanggar aturan, Erni malah membalasnya dengan senyuman dan anggukan kepala. Dia tak mengira, menjual minuman yang mengandung alkohol secara ilegal akan tersandung pidana.

Erni pasrah saat anggota polres gabungan mengeluarkan seluruh miras ke depan toko miliknya.

Pantauan Kaltim Post, ada 376 alkohol kadar 70 persen, 135 kaleng minuman keras jenis bir, 29 botol bir, 3 botol minuman merek luar negeri, serta 145 pipet kaca.

Khusus minuman keras, informasi yang diperoleh polisi, penjualnya bukan Erni, melainkan seorang remaja tanggung yang masih memiliki ikatan keluarga dengan pemilik miras tersebut. Namun, saat media ini mempertanyakan maksud penjualan pipet kaca, Erni memilih menghindar dan pergi menuju tokonya.

Ipda Sujono, Kanit Patroli Sabhara Polresta Samarinda menyebut, pihaknya sudah menahan identitas data Erni. “Besok (hari ini) kami periksa untuk menjalani persidangan tipiring (tindak pidana ringan),” tegas Sujono.

Hasil pemeriksaan, gudang tersebut sengaja menjadi tempat persembunyian Erni menyimpan miras. “Dari tempatnya tidak dikira, pemilik menggunakan bangunan yang tidak terpakai,” beber perwira pertama yang akrab disapa Pak JN itu.

Nantinya, barang bukti diperlihatkan di meja hijau dan secepatnya untuk dimusnahkan. (*/dra/kri/k16)