Uber Gabung Grab, Drivernya Pindah ke GoJek karena Lebih Mudah

13 views

FAJAR.CO.ID — Manajemen Uber resmi bergabung dengan Grab Asia Tenggara pada 9 April nanti. Driver Uber diminta mengajukan permohonan pindah ke Grab.

Namun demikian, banyak pengemudi Uber justru pindah haluan ke GoJek.

Driver Uber pindah ke GoJek karena syarat yang harus dipenuhi mudah. Sementara proses perpindahan ke Grab harus memenuhi berbagai persyaratan. Misalnya pendaftaran driver baru. Syarat lainnya, driver Uber harus membayar test safety riding sebesar Rp 100 ribu. Uang itu, digunakan sebagai top-up saldo akun Grab. Namun, bila dua kali gagal tes safety riding, uang Rp 100 ribu itu hangus.

“Saya pindah dari Uber ke GoJek karena mudah. Di Grab itu persyaratannya sulit. Seharusnya hanya pengalihan aplikasi saja dari Uber ke Grab. Namun, kita (driver Uber) harus mendaftar seperti driver baru dan harus membayar Rp 100 ribu. Gagal dua kali, hangus. Mau daftar lagi, bayar lagi Rp 100 ribu,” kata Nasrul, selaku driver Uber, di DSU GoJek Kemang, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Ia juga mengatakan, persyaratan masuk ke GoJek tidak sulit. Hanya menunjukkan STNK, SIM, KTP, dan memperlihatkan akun Uber. Pengalihan akun tidak perlu memberikan SKCK.

Endang Jaya, yang juga seorang driver Uber mengatakan, jika sudah berusia di atas 55 tahun, harus memberikan surat keterangan dokter. Menurutnya, persyaratan ini menyulitkan. “Dulu di Uber tidak ada surat keterangan dokter. Umur berapa pun bisa menjadi driver Uber. Di Grab, umur itu dipersulit. Kalau sudah tua seperti saya, harus ada surat keterangan dokter. Saya mau cari nafkah dipersulit,” terangnya.

Yudis Harun, driver Uber lainnya menjelaskan, agar bisa menjadi kitra Grab, dibutuhkan persyaratan yang tidak gampang. Berbagai aturan safety riding dianggap menyulitkan. Misalnya: kelayakan kendaraan, seperti kondisi ban, lampu, sarung tangan, dan sepatu.

Sedangkan menurut Abas, driver Uber saat ditemui di KKO GoJek Cilandak, pendaftaran GoJek bagi para driver Uber sudah diselenggarakan sejak Jumat lalu (30/3). Sebelumnya, pendaftaran hanya dibuka selama 3 hari. Namun dikarenakan banyaknya driver Uber yang mendaftar, pendaftaran diperpanjang sampai Kamis depan (8/4).

“Di GoJek, para driver yang mendaftar cukup membayar Rp 20 ribu saja. Biaya ini, untuk membayar pembukaan rekening. Tes safety riding juga ada, tapi tes dari GoJek tidaklah sulit,” imbuhnya. (ce1/sab/JPC)