Uji Operasi LRT Jakarta Digelar 15 Agustus, Penumpang Terbatas

0 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengoperasian moda transportasi light rail transit (LRT) Jakarta fase I rute Kelapa Gading-Velodrome kembali diundur. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyebut uji operasi dengan penumpang terbatas akan dilakukan pada pekan depan.

“Uji coba operasi akan dilakukan pada tanggal 15 Agustus dengan penumpang terbatas,” ujar Direktur Proyek LRT Jakarta PT Jakpro Iwan Takwin saat dihubungi, Minggu (12/8).

Namun begitu, uji statis yang dilangsungkan secara berkala sudah cukup memenuhi persyaratan penerbitan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sehingga, LRT akan bisa cepat beroperasi.

“Saat ini kami pun sudah melakukan semua rangkaian persyaratan dan kompilasi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, dan insya Allah, Senin besok Kemenhub akan menerbitkan rekomendasi operasi untuk kemudian Dishub akan menerbitkan izin operasi,” terangnya.

Pada uji operasi selama sebulan ke depan, semua prosedur akan dilakukan, kecuali sistem tiket. Pihaknya belum menentukan besaran tarif yang akan diberlakukan kepada masyarakat.

“Semua prosedur operasi kami lakukan kecuali ticketing, karena kami belum memungut tarif. Untuk tarif masih kami kordinasikan dengan pihak Pemprov DKI,” jelas dia.

Setelah rangkaian uji operasi rampung, mereka akan merumuskan kembali terkait tarif moda berbasis rel sepanjang 5,8 kilometer itu. “Dipungut tarif setelah operasi normal,” tambah Iwan.

Selain perumusan tarif, PT Jakpro juga masih perlu memfinalisasi infrastruktur. Hal itu mengingat saat ini progres proyek baru mencapai kisaran 87-95 persen. Lagi pula, baru dua stasiun yang rampung dan dapat difungsikan, yaitu Stasiun Boulevard Utara dan Stasiun Velodrome.

“Setelah uji coba nggak langsung operasional normal, kita mesti revisi dulu dan melanjutkan pekerjaan-pekerjaan finishing di stasiun lain,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut LRT memang tidak digunakan untuk Asian Games 2018. Dia ingin mengutamakan keselamatan pengguna dibanding kecepatan proyek.

“Yang penting keselamatan. Bukan tanggalnya. Itu memang enggak dipakai untuk kegiatan Asian Games. Nggak dipakai,” ungkap Anies, Sabtu (11/8). (yes/JPC)