Umur Sudah 16 Tahun, Fisik Si Gadis Masih seperti Balita

12 views

Esti Ermawati hanya tergolek lemah di sebuah kasur di rumah neneknya di Dukuh Klayutan, RT 1 RW 4, Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kamis (29/3). Kondisinya cukup memprihatinkan.

===============

TUBUHNYA tinggal kulit pembungkus tulang saja. Ironisnya lagi, bobot Desti hanya seukuran anak kecil. Padahal usia sebenarnya sudah beranjak dewasa.

Berbagai upaya medis dan nonmedis ditempuh keluarga agar Desti Ermawati, 26, tumbuh normal selayaknya gadis seusianya. Namun, upaya tersebut tak membuahkan hasil. Seluruh rumah sakit yang didatanginya untuk berobat pilih angkat tangan.

Jangankan bermain, untuk duduk saja, putri Sulung pasangan Sugiyanto, 40, dan Tutik, 35, ini tidak bisa. Bahkan kakinya juga tidak bisa diluruskan. Jika berbaring, kakinya tertekuk ke kanan.

Desti juga sulit diajak bicara. Giginya tumbuh seperti balita yang jarang-jarang. Komunikasi yang bisa dijalin hanyalah menangis. Jika ingin meminta makan, minum, atau saat merasa kurang enak badan.

Awalnya, Desti terlahir prematur. Keluarga sudah berusaha memeriksakan kondisi Desti ke berbagai rumah sakit. Baik di Boyolali, Solo, hingga Semarang. Namun, semuanya angkat tangan.

”Pun mas, nganti kesel engkang ngobatke. (Sudah mas, sudah capek yang mengobatkan),” keluh Jiyem, 63, nenek Desti bernada pasrah saat ditemui Jawa Pos Radar Solo. (rs/wid/fer/JPR)