Vox Populi: Pasangan Asyik Menang Di Pilgub Jabar

17 views
Opini Bangsa – Tingkat elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menempati urutan pertama di jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Vox Populi Survei pada 17 Mei hingga 27 Mei 2018 lalu.
Koordinator Vox Populi Survei, Chaerudin Affan menjelaskan, survei ini mengunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar -/+ 1,88 persen dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen.
Survei ini melibatkan 2.717 responden yang tersebar di 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat secara proposional sesuai prosentase DPT di Jawa Barat.
Hasilnya, lanjut dia, pasangan Asyik menempati urutan pertama dengan 27.4 persen memilih mereka.
“Urutan kedua pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi 25,4 persen, disusul Ridwal Kamil – Uu Ruzhanul Ulum 18.6 persen, Tubagus Hasanuddin – Anton Charliyan 17.3 persen dan belum memilih sebanyak 11.3 persen,” tambah Chaerudin dalam keterangan pers yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (13/6).
Vox Populi Survei juga mencari tahu soal penilaian responden mengenai kapabilitas dari pasangan calon. Hasilnya, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu unggul dengan 83,7 persen.
“Disusul Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 77,8 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 74,2 persen dan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 67,8 persen,” lanjutnya.
Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, kata dia, juga menjadi jawara untuk tingkat akseptabilitas. Yang mana mereka mengungguli pasangan lain dengan 88,9 persen. Angka itu tak jauh beda dengan tingkat elektabilitas pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 86,3 persen.
“Lalu Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 68,8 persen, dan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 61,6 persen,” imbuhnya.
Tak lupa, lanjut Chaerudin, Vox Populi Survei juga mencari tahu soal tingkat popularitas para pasangan calon. Kali ini pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu berada di urutan kedua dengan 88,8 persen.
Urutan pertama ditempati oleh pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 89,8 persen, posisi tiga Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 88,4 persen, dan keempat Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 78,8 persen.
“Terakhir, untuk tingkat kemampuan dan kehandalan dalam kepemimpinan, Ridwal Kamil – Uu Ruzhanul Ulum 80,5 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 87,2 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 89,8 persen, dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 81,1 persen,” pungkasnya.
Diketahui, dalam berbagai kesempatan, pasangan Asyik selalu menghubungkan Kemangannya di Pilkada Jawa Barat dengan kemenangan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam Pilpres tahun 2019 nanti dengan jargon “2018 Asyik Menang, 2019 Ganti Presiden”. [opini-bangsa.com / rmol]