Wamen ESDM Kaget Ada yang Negara Luar yang Jual LPG dengan Harga Super Murah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar dibuat kaget dengan harga LPG yang sangat murah dijualkan di Aljazair. Negara tersebut menjual LPG dengan harga 1 dolar.

Dengan harga yang sangat murah ini dipastikan membuat kaget Archandra. Hal ini diungkapkan mantan Menteri EDSM itu saat melakukan kunjungan ke beberapa negara selama 10 hari. Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menuturkan, sebagai negara sosialis, kata Arcandra, Aljazair bisa saja menjual harga gas LPG satu dolar untuk kepentingan masyarakat domestik.

“Saya tanyakan lagi apakah untuk harga ekspor juga USD 1. Ternyata mereka jawab mereka punya pipa untuk mengalirkan gas ke Eropa. Tapi harga jualnya 10 persen dari harga minyak dunia per hari untuk ekspor sekitar USD 6 dolar,” jelasnya.

Selain Aljazair, Arcandra mengatakan ada negara lain yang menjual harga bahan bakar minyak untuk kebutuhan dalam negerinya sangat murah, seperti Arab Saudi.

Dikatakannya, hal tersebut bergantung pada kebijakan negara masing-masing. Lalu, bagaimana dengan harga bahan bakar dan LPG di Indonesia? Arcandra mengatakan harga energi yang ada saat ini sudah harga terbaik yang bisa diberikan oleh pemerintah.

“Apakah kita bisa? Harga yang sekarang adalah yang terbaik, di mana masing-masing negara ada yang bisa menjual dengan harga segitu,” ungkapnya.

Meski menjual harga untuk domestik sangat murah, tetapi untuk kebutuhan ekspor, harga gas di negara-negara tersebut dijual dengan harga pasar.

“Sama (harganya) seperti apa yang Indonesia jual yakni 10 persen dari harga minyak dunia. Artinya untuk kebutuhan ekspor, pemerintah Aljazair menjual dengan harga USD 6 per MMBTU,” pungkasnya. (Fajar/pojok)